Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kelebihan dan Kekurangan bata Hebel AAC vs CLC

Perbandingan dan perbedaan hebel AAC vs Bata ringan CLC

Sejauh ini material bata ringan Hebel terbagi dalam dua jenis yaitu Hebel AAC dan Hebel CLC. Keduanya sama-sama disebut bata ringan yang membedakan nya cukup banyak.

Hebel AAC vs Hebel CLC manakah yang lebih baik dan berkualitas? Kemudian perbandingan kelebihan hebel aac dan clc seperti apa? Jawabannya dapat kita pahami pada pembahasan dibawah ini.

1. Hebel AAC lebih Ringan dibandingkan CLC

Perbedaan bata ringan AAC dengan CLC dari segi proses pengeringan yaitu AAC mengalami pengeringan dalam oven autoklaf bertekanan tinggi. Sedangkan bata ringan CLC tidak di oven.

2. Hebel CLC lebih berat

Bata ringan jenis CLC beban nya lebih berat dibandingkan AAC karena proses pengeringan hebel CLC ini dilakukan secara alami tanpa di oven. CLC sering disebut juga sebagai Non-Autoclaved Aerated Concrete (NAAC).

3. Perbedaan Warna yang Mencolok

Umumnya hebel jenis CLC berwarna keabu-abuan seperti warna dasar semen dan jarang berwarna putih. Sedangkan Hebel jenis AAC umumnya berwarna putih. Meskipun banyak home industri membuat pewarna putih untuk hebel CLC tetap akan terlihat keabu-abuan gelap pada saat sudah kering.

Sedangkan Hebel AAC dari permukaan sudah jelas berwarna putih cerah Bahkan sampai bagian lapisan dalam secara keseluruhan berwarna putih.

4. Harga Hebel AAC lebih Tinggi

Untuk harga hebel jenis CLC harganya cukup murah dibandingkan Hebel AAC. Menurut survei yang kami lakukan selisih harga per kubik 100rb sampai dengan 200rb.

5. Hebel AAC umumnya SNI

6. Peminat Hebel CLC lebih sedikit dibandingkan Hebel AAC

Karena berbagai isu dan kondisi, membuat popularitas hebel CLC kurang diminati meskipun harganya lebih murah dibandingkan AAC.

Penyebab nya mungkin hebel jenis CLC secara umum non-SNI. Dan yang paling nampak Bata ringan CLC lebih berat. Itulah penjelasan tentang perbandingan dan perbedaan mengenai kelebihan dan kekurangan hebel jenis AAC dan Bata ringan CLC. Semoga bermanfaat. 

7 Keunggulan Hebel Secara Umum

Kelebihan hebel jika dibandingkan bata merah atau sejenis nya lebih unggul karena banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk material lain. . Berikut telah kami rangkum menjadi beberapa poin mengenai kelebihan atau keunggulan dari Hebel

1. Hebel Ringan dan Efisien

Hebel punya bobot yang lebih ringan daripada batu bata dan batako. Inilah yang membuat batu ini menjadi pilihan karena lebih efisien saat proses pengerjaan bangunan. Selain itu, hebel ini memiliki banyak rongga udara di dalamnya sehingga tergolong lebih ringan. Walau begitu, batu ini tetap kuat

2. Hebel sangat Mudah Pemasangannya

Kelebihan hebel saat pemasangan mudah karena Bobot yang ringan dan tekstur permukaan rata, menjadikan batu hebel sebagai material yang mudah pemasangannya.

Ukurannya yang simetris membuat pemasangan batu hebel menjadi rapi tidak memerlukan waktu yang lama. Berbeda dari batu lain, yang harus disesuaikan terlebih dahulu. Kelebihan hebel lainnya pada saat proses pemotongan, batu hebel juga cukup mudah dan tidak akan pecah berkeping-keping, berbeda dari batu lain yang memerlukan kesabaran lebih tinggi.

3. Hebel Kedap suara dan air

Batu hebel memiliki dasar bentuk yang solid sehingga mampu menghambat suara untuk masuk ke dalam atau dikenal dengan kedap suara. Hal ini bisa memberikan privasi di dalam hunian karena tidak akan terdengar hingga bagian luar rumah.

Selain kedap suara, material hebel juga tahan terhadap air, apalagi jika ditambah dengan finishing yang tepat. Tentu, batu ini mampu menghalau rembesan air masuk ke dalam.

4. Finishing Hebel Lebih Mudah

Karena permukaan yang sudah rata, kamu tidak lagi memerlukan pelabisan yang sangat tebal pada dinding hebel mu. Apalagi, sekarang ini banyak orang menerapkan gaya industrial, yang membiarkan tampilan unfinished pada dinding rumah.

5. Hebel Memiliki ketahanan tinggi

Meski memiliki banyak rongga udara di dalamnya, tetapi batu hebel punya ketahanan yang sangat tinggi. Bahkan banyak yang mengatakan kekuatan batu ini sekuat beton.

Hal ini disebabkan oleh bobotnya yang ringan sehingga dapat menahan getaran atau goncangan. Selain itu, hebel juga telah memenuhi standar anti gempa. Tidak heran banyak bangunan-bangunan tinggi yang menggunakan jenis batu ini sebagai fondasi bangunan.

6. Hebel Tahan udara panas

Batu behel memiliki ketahanan suhu yang baik, terutama terhadap udara panas. Material bangunan ini mampu menghalau udara panas dari luar. Jadinya, bagian dalam rumah tidak menjadi panas sehingga cocok untuk membangun rumah di daerah tropis.

7. Ukuran Hebel Yang Simetris

Kelebihan hebel yang ketujuh adalah ukuran yang simetris, Karena potongan dilakukan cetakkan mesin, ukuran dan bentuk dari batu hebel pun lebih rapi alias presisi. Jadi, tidak akan ditemukan hebel dengan ukuran berbeda.